animasi tidak bisa jauh dari dunia anak-anak. melalui animasi kita dapat mengajarkan anak-anak mengenai kreativitas. bagi para animator mengerjakan suatu objek animasi merupakan suatu kepuasan yang telah disalurkan dari hasil hobi atau bakat dalam mendesain gambar bergerak tersebut. banyak software-software yang dapat digunakan untuk menghasilkan animasi 2dimensi maupun 3 dimensi.seperti : blender, ogre,3d max dll. blender salah satu software animasi yang bersifat open source serta fleksibel terhadap semua sistem operasi. pada judul ini saya akan memberika contoh pembuatan animasi dengan blender. sebelum membuat terlebih dahulu menginstall softwarenya terlebih dahulu. kita bisa mendapatkan softwarenya dengan mengunjungi link ini download blender . berikut ini cara pembuatan globe dengan blender :
- buka software blender. pada scene awal blender akan muncul objek kubus. sebelum membuat globe hapus terlebih dahulu object tersebut. dengan menekan delete pada keyboard.lalu erase selected.
- pada saast menekan spacebar di keyboard , pilih add setelah itu mesh pilih UVsphere untuk objek bola. atur ukuran segments dan rings
Selasa, 08 Maret 2011
ANIMASI DENGAN BLENDER
agar memudahlan dalam melihat objek kita bagi 2 dahulu layernya dengan split area. kursor dipindahkan ke atas di antara menu bar, lalu klik maka akan muncul menu untuk membagi area atau split area. ubah window type yang ada disebelah kiri.
pilih UVimage editor untuk mengambil gambar dari direktori yang kita simpan dan yang akan di edit pada object bola. masukkan gambar 2 dimensi peta untuk objek 3 dimensi di blender. pilih image lalu open.
setelah itu pada viewport shading, pilihlah textured yang akan digunakan untuk membuat gelap sementara. tekan tab pada keyboard ubahlah mode menjadi editmode sehingga hanya bola saja yang terpilih.
tekan tombo u untuk menampilkan Calculation, pada pop-up menunnya pilih sphere from fiew.
sehingga gambar 2 dimensinya siap untuk di unwrapped.
geser dengan bola untuk merotasikan bola.sampai terlihat edges map saling bertumpukan. hal ini disebabkan bagian dari peta di UVimage editor tidak ditutupi oleh grid bola di image editor window.
agar tidak semua vertex dipilih maka tekan key A pada keyboard. pada saat menekan tombol B maka akan muncul "croos hair" yang mempunyai tujuan membuat Box-select.klik G untuk mengambil dari gambar yang di drag ke samping.
perkecil gambar. sehingga kamera serta lampu dapat terlihat. tekan tab untuk ke object mode. dan pilih lampunya. tekan g untuk mengambil lampu danlampu tersebut sejajar horizontal.
pada bagian material , pilih addnew. tombol f5 untuk mengakses tombol material ini.
tombol texface membuat material UV image window menjadi warna dari bagian teksture untuk tampilan render. tombol f12 untuk merender objek bola yang telah jadi.
refrensi : http://aflah7.wordpress.com/2010/12/22/membuat-globe-dengan-tools-uv-mapping-pada-blender/
Diposting oleh sichubbylina di 04.12
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar